Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa Menggunakan Obat

Sakit Kepala

Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gangguan yang jika dibiarkan berlarut-larut tentu akan berdampak negatif pada banyak hal. Oleh karena itu dibutuhkan cara mengobati sakit kepala yang ampuh. Bisa dibayangkan seberapa mengganggunya sakit kepala terutama jika anda adalah seorang pekerja kantoran yang harus berhadapan dengan tumpukan kertas setiap harinya, bisa-bisa pekerjaan yang sedemikian pentingnya dapat tertunda pengerjaanya.

Namun, terlepas dari apapun pekerjaan anda, mengobati sakit kepala adalah hal wajib dilakukan sebab jika dibiarkan terlalu lama, dapat dicurigai bahwa anda mungkin menderita tumor otak. Namun anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini, kami menyediakan informasi seputar penyebab, gejala, jenis dan yang pasti cara menyembuhkan sakit kepala.

Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa Menggunakan Obat

Seperti yang dilansir di situs resmi Panadol, ada beberapa hal yang dapat memicu sakit kepala. Tulisan berjudul 10 Pemicu Terbesar Sakit Kepala ini menjelaskan, setidaknya ada 10 penyebab sakit kepala seperti cuaca, stres, hormon, diet, terlalu banyak mengkonsumsi minuman seperti kopi dan teh, terlambat makan, terlalu memfosir diri ketika berolahraga, postur duduk atau tidur yang salah serta kebiasaan menggesekan gigi.

Sumber lain menyebutkan bahwa sakit kepala bisa disebabkan oleh aktifnya saraf rasa sakit pada kepala yang timbul sebagai dampak dari penyakit pada organ tubuh lainya seperti mengkonsumsi makanan yang terlalu panas, atau terlalu dingin secara tiba-tiba dan atau gangguan pada penglihatan mata. Cara mengobati sakit kepala yang salah seperti terlalu seringnya menggunakan obat pereda nyeri juga dapat menjadi salah satu pemicu.

Umumnya, gejala ketika seseorang menderita sakit kepala adalah rasa sakit pada kepala atau bagian tertentu pada kepala misalnya sakit kepala sebelah kiri atau belakang. Namun, ada beberapa kasus gelaja sakit kepala yang perlu ditanggapi secara serius seperti muncul setelah mengalami benturan pada kepala karena kecelakan, dibarengi dengan mual-mual, muntah dan deman atau disertai lemas serta mati rasa.

Jika anda merasa memiliki gelaja khusus seperti ini, anda sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter demi pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat diputuskan cara mengobati sakit kepala yang sesuai dengan penyebab dilihat dari gejala yang ditunjukan.

Ada beberapa jenis sakit kepala dalam kasus yang umum ditemukan dalam masyarakat. Beberapa diantaranya adalah migrain kronis, hemicrania continua, rebound headaches dan sakit kepala akibat penuaan. Gejala migrain kronis adalah rasa sakit pada satu atau dua bagian kepala disertai dengan rasa nyeri berdenyut.

Pada sakit kepala ini penderita mungkin mengalami mual, muntah serta sensitif terhadap cahaya. Hemicrania continua adalah sakit kepala pada satu sisi kepala misal kiri atau belakang kepala. Gejalanya adalah mata berair, hidung tersumbat dan atau pupil mata membesar.rebound headaches adalah rasa sakit kepala yang muncul akibat penggunaan obat pereda nyeri dalam jangka waktu yg lama.

Sakit kepala karena penuaan dapat disebabkan oleh tekanan bola mata yang meningkat atau alasan psikologis lainnya. Melihat gelaja serta penyebabnya, tentu cara mengobati sakit kepala bisa beragam. Ada bentuk pengobatan menggunakan obat dokter ataupun dengan cara alternatif lainnya.

Beberapa cara alami dapat membantu untuk mengobati sakit kepala yang anda rasakan. Minum air putih dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala terutama jika penyebabnya adalah karena dehidrasi.Untuk sakit kepala migrain, memakan pisang bisa menjadi salah satu alternatif penyembuhan.

Hal ini dikarenakan buah pisang mengandung magnesium yang mampu meredakan sakit kepala. Jika sakit kepala disebabkan karena tegang maka dengan menggosokan es batu pada kepala serta tengkuk dapat membantu meredakan sakit kepala. Minum kopi dalam jumlah yang wajar juga dapat meredakan sakit kepala.

Hal ini lebih dikarenakan kandungan kafein dalam kopi yang ampuh menyembuhkan sakit kepala. Perlu diketahui juga bahwa meminum kopi dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering justru dapat memicu sakit kepala berkelanjutan.Cara mengobati sakit kepala sangat tergantung dari penyebabnya, oleh karena itu kenali dahulu penyebab sebelum mengobati.

Share This:

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.