Langkah Pencegahan Penyakit Gondok

Mengatasi penyakit gondok adalah hal yang perlu dilakukan jika Anda atau anak Anda mengalami gejala gejala dari penyakit yang menyerang kelenjar tiroid ini. Jenis penyakit gondok pun dibedakan menjadi beberapa macam yaitu gondok diffus dan nodul.

Langkah Pencegahan Penyakit Gondok

Gondok diffus ini memiliki ciri benjolan di leher yang bulat dan kulit yang mulus sehingga berbentuk seperti bola, sedangkan gondok nodul adalah bentuk benjolan yang tidak beraturan dan permukaan kulit yang kasar. Tapi pada dasarnya langkah pencegahan yang dilakukan sama karena gondok merupakan penyakit yang disebabkan kekurangan yodium dan aktivitas kelenjar tiroid yang tidak stabil.

Apa saja langkah pencegahan gondok yang dapat Anda lakukan? Berikut di bawah ini penjelasannya:

  • Gondok paling umum disebabkan karena kekurangan yodium dalam tubuh dapat menggunakan garam beryodium tinggi untuk dikonsumsi dalam menu makanan sehari hari. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yodium dalam mencukupi kebutuhan yodium untuk aktivitas kelenjar tiroid.
  • Jika gondok terjadinya akibat kelainan auto imun maka biasanya penderita akan diberikan resep obat jenis levotiroksi dan obat anti peradangan untuk mengatasi kelainan sistem auto imun yang terjadi di dalam tubuh yang menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid.
  • Gondok turunan atau penyakit gondok yang sudah dialami sejak lahir dan harus diberikan obat levotiroksin selama beberapa bulan sejak dilahirkan untuk mencegah komplikasi yang lebih buruk.

Lihat juga informasi tentang obat tradisional gondok di leher yang alami dan mujarab.

Jika penyakit gondok sudah terlanjur akut maka perlu langkah pengobatan yang lebih kuat antara lain metode yang dilakukan dokter adalah:

Pemberian obat penurun hormon tiroid untuk mengurangi aktivitas hipertiroidisme sehingga pembengkakan dapat mengecil. Namun hal ini dapat memberikan efek samping seperti mual, nyeri sendi, ruam kulit, dan menurunnya jumlah sel darah putih.

  • Terapi hormon untuk kasus hipotiroidisme dengan menambahkan hormon tiroid melalui obat seperti levotiroksin.
  • Terapi zat yodium radioaktif untuk menangani hipertiroidisme yang bertujuan merusak sel sel tiroid sehingga aktivitas kelenjar tiroid dapat berkurang.
  • Operasi pengangkatan kelenjar tiroid yang mengalami pembengkakan atau juga disebut tiroidektomi, tapi langkah ini dapat menimbulkan gangguan metabolisme pada tubuh.

Selain langkah langkah di atas penderita penyakit gondok juga disarankan untuk mengikuti pola makan khusus, seperti mengkonsumsi makanan yang tinggi yodium. Langkah ini dipercaya dapat mengecilkan pembengkakan pada gondok, yang dikombinasikan dengan obat levotiroksin untuk mengatasi dengan lebih cepat.

Share This:

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.